Wageningen, kota ‘life sciences’ yang bersejarah

By September 14, 2014 Blog No Comments
Wageningen_panorama small

Bagi pembaca novel NVO, nama Wageningen tentu sudah tidak aneh lagi. Betul, itulah kota tempat Wicak Adi Gumelar mengambil program masternya. Ingin tau lebih banyak soal kota kebanggaan Wicak ini?

Wageningen mungkin hanyalah satu kota kecil yang ada di Belanda. Letaknya pun kurang strategis, karena tidak dilewati oleh jalur kereta api. Untuk mencapainya, kita dapat naik kereta api hingga stasiun di kota Ede, yang bernama Stasiun Ede-Wageningen, dan dilanjutkan dengan bus.

cowBus akan mengantarkan kita ke kota Wageningen setelah berputar-putar di Ede. Sepanjang mata memandang adalah warna hijau, suasana khas pedesaan Belanda, dan jangan lupakan komponen terpenting dari Wageningen yaitu.. sapi.

Memasuki kota Wageningen, kita akan disambut oleh tulisan Wageningen, City of Life Sciences. Jangan heran dengan istilah itu karena di kota ini terdapat kampus Wageningen University and Research Center. Universitas ini memiliki spesialisasi bidang-bidang Life Sciences, mulai dari Pertanian, Kehutanan, Ilmu Bumi, Nutrisi, Peternakan, Pangan, hingga Turisme. Universitas ini lah yang membuat kota Wageningen terkenal hingga ke manca negara.

Berbagai bangunan kampus karya arsitek handal Belanda akan menyambut kita ketika memasuki gerbang kota. Kita pasti akan terkagum-kagum (dan iri!) saking kerennya. Sebut saja bangunan Forum, Orion, dan Atlas yang membuat kita bertanya-tanya, kapan bangunan kampus seperti itu akan ada di Indonesia?

Aerial View beberapa kampus Universitas Wageningen

Aerial View beberapa kampus Universitas Wageningen

Universitas Wageningen pula yang membuat kota kecil ini ramai oleh masyarakat berbagai bangsa. Mahasiswa Indonesia adalah salah satu komunitas dengan anggota terbanyak di Wageningen, dari tahun ke tahun. Mereka biasanya bermukim di apartemen-apartemen yang disediakan khusus untuk mahasiswa dengan harga yang terjangkau.  Sebagian apartemen bahkan hanya disewakan kepada mahasiswa internasional, sehingga kita bisa mengenal lebih banyak kebudayaan negara lain.

Tidak hanya karena Universitas Wageningen, kota kecil ini pun terkenal karena peranannya pada saat perang dahulu. Pada bulan Mei 1940, Jerman menginvasi Belanda dan sebagian kota Wageningen dihancurkan. Namun, di kota ini pula lah, Jerman menyerah pada tanggal 5 Mei 1945 kepada pihak Sekutu di sebuah Hotal di tengah kota Wageningen bernama de Wereld. Secara resmi perang di Belanda berakhir saat itu.

Sekarang, tanggal 5 Mei diperingati sebagai hari Kemerdekaan dan Wageningen menjadi tuan rumah untuk sebuah perayaan besar setiap tahunnya. Pada hari ini, biasanya ada parade dari para veteran perang termasuk kendaraan-kendaraan perang mereka. Tidak lupa, pesta dan musik di beberapa sudut centrum. Menyenangkan!

Parade perayaan hari kemerdekaan 5 Mei

Parade perayaan hari kemerdekaan 5 Mei

Wageningen juga memiliki bentang alam yang sangat indah. Walaupun tidak besar, di sana terdapat areal hutan yang menarik untuk dijelajahi, dua kebuan raya mini di Kampus Wageningen, kawasan pertanian yang sangat luas, areal pedesaan yang hijau, dan jangan lupa.. Sungai Rhine yang indah.

Sungai Rhine yang membelah kota Wageiningen ini menjadi tempat beraktivitas bagi banyak orang, mulai dari berenang, memancing, BBQ, berlatih kano dan perahu, atau hanya sekedar menikmati alam sekitarnya. Di musim dingin, bahkan menjadi tempat untuk ice skating.

Sungai Rhine

Sungai Rhine

Sebagai kota yang tidak terlalu ramai, Wageningen sangat pas sebagai tempat untuk studi. Kita bisa fokus pada kegiatan perkuliahan, organisasi kemahasiswaan, berbagi dan mengenal kebudayaan dunia, dan.. back to nature life.

Namun jangan khawatir, letaknya yang berada di tengah Belanda, membuat kita mudah untuk mencapai kota-kota besar lain di Belanda, seperti Utrecht, Amsterdam, Den Haag, dan lain-lain. Pokoknya, kalian akan tetap bisa bergaul dengan teman-teman di kota lain dengan mudah.

So, tertarik untuk studi di Wageningen? Jelajahi websitenya di sini.

 

Sumber foto:
1. http://connecteur.info
2. http://www.wageningenur.nl/
3. http://www.wageningenur.nl/
4. http://bert4169.blogspot.com
5. wikipedia

Leave a Reply

Your email address will not be published.