(Sulitnya Mencari) Makanan Khas Belanda

By August 10, 2014 Blog One Comment

+ sir, do you know where can we find a Dutch restaurant here?
- hmm.. What do you mean?
+ ya… A restaurant with some Dutch cuisines?
- Well.. There’s no such thing.

+ ???

Jangan bingung, tapi itu memang salah satu percakapan yang kami dengar sendiri ketika sebuah rombongan turis bertanya pada seorang kawan yang memang asli Belanda.

Mencari rumah makan yang menjual makanan khas Belanda, memang gampang-gampang sulit. Kalaupun ada, itu  jarang dalam bentuk rumah makan besar, dan lebih sebagai snack bar.

Sebagian besar rumah makan di Belanda, dikuasai oleh makanan Cina, fast food Amerika, Turki, Maroko, Indonesia, Suriname, Italia, India, serta beberapa dari Ethopia dan negara Afrika lainnya  yang menjual daging burung unta dan binatang tak lazim lainnya.

Tapi sebenarnya, apa sih makanan yang katanya khas Belanda itu? Well, mungkin tidak semua merupakan makanan berat, seperti halnya masakan di rumah makan yang tadi di sebutkan di atas. Namun tetap karena banyak ditemukan di sini maka kami menjadikannya sebagai makanan khas Belanda. Ayo kita listing satu persatu:

1. Stamppot: ini lah nama yang akan tersebut pertama kali setiap kita tanya, apa makanan khas Belanda? Terbuat dari kentang yang direbus dan dihancurkan (mashed potatoes) dan dicampur dengan beberapa sayuran seperti wortel atau sayuran hijau lainnya seperti boerenkool. Dihidangkan panas-panas bersama dengan sosis besar yang bernama rookworst.. hmm..enak. Tapi ini memang makanan musiman dan mereka biasanya membuatnya pada saat musim dingin tiba.

Stamppot Rookworst

2. Olliebollen: ini juga makanan musiman lain dari Belanda, biasanya hanya ada di musim gugur dan musim dingin. Juga menjadi makanan yang umum dicari pada saat malam pergantian tahun. Ketika pertama kali melihatnya kami langsung berpikir makanan di Bogor yaitu odading. Inilah roti goreng khas Belanda yang beberapa ditambah kismis. Rasanya cukup enak dan bikin perut kenyang hanya dengan memakan 4 olliebollen besar *ya iya laaaaah…*

Oliebollen

3. Pancake dan poffertjes: Pancake yang di jual di Belanda biasanya dijual dalam ukuran yang super jumbo alias besar sekali. Isinya bisa bermacam-macam tergantung selera kita, mulai dari coklat,selai, bacon, madu, dan lain-lain. Sedangkan poffertjest adalah bentuk kecil dari pancake yang dibuat bulat-bulat kecil. Biasanya dihiasi dengan taburan gula halus, selai atau cokelat.

Poffertjes

4. Patat: alias kentang goreng. Tidak jelas aslinya dari mana, namun Belgia berani mengklaim bahwa patat berasal dari sana. Ditambah, patat yang (konon) nomor satu di Belanda memang berasal dari Belgia. Kentang goreng ini memiliki bungkus berbentuk kerucut (juga beberapa dalam bentuk box) dan menjadi makanan jalanan seperti halnya gorengan di indonesia. Jangan lupa untuk menambahkan saus di atasnya, baik mayonaise, selai kacang, kari, saus tomat ataupun bumbu tambahan lainnya. Untuk menu spesial, mereka menambahkan potongan bawang bombay di atasnya. Jadi, jangan bilang pernah ke Belanda kalau tidak merasakan patat plus mayo.

Patat met Mayo

5. Fast food snacks: terdiri dari berbagai macam tipe, mulai dari frikandel (sosis Belanda), kroket (isinya daging), bitterballen (bola-bola daging), atau bami dan nasi blok *ya.. mereka pake bahasa kita*. Biasanya dijual di sebuah kios khusus atau malah hanya berupa kotak mesin dengan sekat-sekat terpisah berisikan makanan tersebut. Kita hanya perlu memasukan uang logam dan membuka sekat-sekat itu.

Frikandel

Kroket

 

6 . Ikan herring (haring): ikan mentah yang dimakan bersama dengan potongan bawang bombay. Untuk beberapa orang, bau amisnya bisa membuat muntah. Tapi untuk sebagian besar orang Belanda, mereka bisa memakan satu ikan haring penuh hanya dengan satu tarikan di dalam mulutnya. Selain itu ada beberapa jenis ikan yang sudah digoreng dan siap makan seperti ikan kibeling atau jenis-jenis lainnya.

Haring

7. Stroopwafel: adalah wafel yang dibuat dari adonan tepung, mentega dan susu yang dipanggang dengan disisipi karamel di tengah-tengahnya. Rasanya? Renyah tapi legit dan maniiiis sekali. Contoh makan manis lainnya ada dalam bentuk appeltaart (apple pie) dan spekkoek.

Stroopwafel

8. Erwtensoep: adalah sup khas belanda yang berisikan kacang polong. Seperti halnya staampot, sup seperti ini banyak dibuat pada saat musim dingin ataupun merayakan tahun baru. Lebih lezat lagi, jika ditambahkan sosis besar, rookworst. Slurp!

Erwtensoep

Selain list di atas, ada juga beberapa jenis makanan yang berbentuk roti/sandwich yang dicampur dengan berbagai macam jenis keju. Ya.. Siapa yang tidak mengakui kehebatan keju Belanda? Keju yang juga dimakan sebagai teman minum kopi atau anggur ini, memang menjadi pelengkap bagi sebagian makanan Belanda. Makanan berbahan dasar keju yang sering kita temui pada saat lebaran, kaastengels, pun berasal dari sana.

Memang harus diakui, untuk urusan makanan, Belanda memang bukan yang terbaik. Entah apa jadinya jika para imigran tidak membuka rumah makan di Belanda ini. Betapa akan sangat membosankan ritual makan di Belanda ini.

Tapi, setidaknya sekarang anda tahu kan apa yang harus dicari (dimakan) jika mengunjungi Belanda? Karena merasakan makanan khas sebuah tempat di tempat aslinya, tentu jauh lebih menyenangkan. Apalagi jika kita diundang oleh orang lokal dan diundang makan gratis di rumahnya.

Eet Smakkelijk!

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.