Sekolah ke Belanda? Siapa takut!

By August 27, 2014 Blog One Comment

“Edukasi adalah senjata paling ampuh yang anda bisa gunakan untuk mengubah Dunia”

Petikan tersebut berasal dari mendiang Nelson Mandela, seorang revolusioner yang memberikan pengaruh besar bagi gerakan negara-negara Afrika menuju kemerdekaan. Sejarah telah menceritakan bagaimana kehidupan manusia bisa berubah menjadi lebih baik karena mendapatkan edukasi yang terbaik.

Saat ini, universitas terbaik di dunia masih didominasi oleh negara-negara di benua Eropa atau Amerika Serikat. Belanda termasuk salah satu di antaranya dan itu diperoleh melalui sebuah perjalanan yang panjang. Beberapa fakta dan informasi menarik di bawah ini  bisa membuka pengetahuan kita mengenai edukasi Belanda:

1. Sejarah. Belanda sudah memiliki Universitas berabad-abad yang lalu. Leiden Universiteit adalah Universitas tertua di Belanda yang dibentuk pada tahun 1575 langsung oleh Willem van Oranje (Bapak Pendiri Negeri Belanda). Fakta ini menunjukkan bagaimana edukasi menjadi hal penting bagi Belanda sejak dahulu kala.

Dari dulu hingga sekarang sistem pendidikan di Belanda telah dan terus menghasilkan lulusan yang mengambil peranan penting bagi dunia. Beberapa bapak pendiri bangsa kita juga menghabiskan hari-harinya menimba ilmu di Belanda sebelum mereka akhirnya menggunakan ilmunya untuk memperjuangkan kemerdekaan bangsa seperti Hatta di Rotterdam, Ali Sastroamidjojo di Leiden, Soetan Sjahrir di Amsterdam dan Leiden.

Leiden Universiteit Sejak 1575

2. Peringkat Dunia. Setiap tahunnya, beberapa Universitas di Belanda selalu masuk ke dalam 100 Universitas berperingkat terbaik di Dunia yang dibuat oleh institusi riset edukasi dunia.

Sebagai contoh adalah peringkat Universitas terbaik Dunia yang diberikan oleh Thomson Reuters menempatkan 8 Universitas ternama di Belanda dalam 100 peringkat Universitas teratas. Pada tahun 2013 lalu, Webometrics bahkan menempatkan Utrecht University di peringkat ke-41 di dunia, dan menduduki peringkat ke-5 di Eropa.

Peringkat-peringkat tersebut disusun dengan memperhitungkan reputasi akademis, kualitas mengajar, hasil riset dan jurnal-jurnal yang dihasilkan. Jika kita mau mencari dan membandingkan peringkat Universitas terbaik dunia dari berbagai sumber lainnya, niscaya universitas-Universitas Belanda akan selalu kita lihat berada di peringkat-peringkat teratas.

Universitas Belanda Top Dunia (Courtesy of Nuffic)

Universitas Belanda Top Dunia (Courtesy of Nuffic)

3. Jaminan Kualitas Edukasi. Garansi Edukasi di Belanda tentu berbeda dengan garansi saat kita membeli handphone yang kadang malah hanya memberikan garansi toko (loh kok ke situ?).

Pemerintah Belanda membentuk sebuah organisasi khusus bernama NVAO (Nederlands-Vlaamse Accreditatieorganisatie) pada tahun 2002 untuk mengawasi dan memastikan kualitas Edukasi di semua Universitas Belanda terjaga dan sudah sesuai dengan standar yang sudah ditentukan.

Hal ini tentu dapat mengurangi kekhawatiran ketika memilih Universitas yang pas dengan keperluan studi, karena semua Universitas di Belanda terjamin kualitasnya. Pilihan bidang studinya pun dengan mudah bisa kita temukan di sini.

NVAO Accreditation Outcome Procedure

 

4. Spesialisasi. Reputasi Edukasi Belanda sudah diakui dunia dalam beberapa spesialisasi studi. Bidang hukum adalah salah satunya. Selain fakta bahwa hukum di Indonesia adalah warisan dari hukum jaman kolonial Belanda, kita juga perlu tahu bahwa International Court of Justice berada di kota Den Haag Belanda. Belanda menjadi salah satu negara yang menjadi kiblat belajar tentang Hukum. Variasi  bidang studi tentang Hukum tersedia di berbagai Universitas Belanda.

Spesialisasi lainnya adalah ilmu Pengairan (Water Management) yang sudah diakui sebagai yang terbaik di dunia ini. Di saat banyak negara masih disibukkan untuk menanggulangi banjir atau membuat sistem pengairan, Belanda sudah membuat kota yang dulunya adalah sungai/lautan. Kota besar seperti Amsterdam, Rotterdam dan banyak kota lainnya di Belanda sebenarnya berada di bawah permukaan laut. Salah satu bukti teknologi pengaturan air yang menjadi masterpiece dunia untuk mencegah banjir berada di Belanda, dinamakan Delta Works, sebuah projek bendungan laut terbesar di dunia.

Masih banyak spesialisasi-spesialisasi lain yang membuat Belanda terkenal hingga ke manca negara, termasuk bidang seni, lingkungan hidup, dan teknik.

Delta Works, Masterpiece Belanda

5. Lingkungan Global. Semua program yang dibuka untuk mahasiswa internasional di Belanda diajarkan dengan Bahasa Inggris. Memilih studi di Belanda juga membuat kita bertemu langsung dengan mahasiswa-mahasiswi dari berbagai negara, dan membukakan koneksi-koneksi global bagi kehidupan kita secara pribadi di masa mendatang.

Sistem Edukasi yang baik tidak hanya dinilai dari materi yang diberikan saat studi namun juga dari lingkungan yang mendorong kita untuk menjadi orang yang siap secara global, mengajarkan nilai-nilai toleransi antar suku bangsa, menghormati perbedaan pendapat dan mampu bertindak secara profesional.

Berkomunitas Secara Global

Berkomunitas Secara Global

6. Sistem Pembelajaran Interaktif ala Belanda. Sistem edukasi di Belanda memang cukup berbeda dengan negara kita, Edukasi Belanda mengedepankan proses pembelajaran yang interaktif dan berorientasi pada siswa. Artinya para dosen tidak akan banyak menjelaskan dan memberikan suapan-suapan ilmu bagi para mahasiswa melainkan memberikan kesempatan untuk lebih banyak berdiskusi dalam membahas satu topik.

Biasanya para mahasiswa akan dibagi menjadi beberapa grup dan diberikan tugas untuk mempelajari berbagai macam jurnal dan teori, kemudian dalam kelas akan ada sesi-sesi pembahasan dan tanya-jawab antar grup dengan sikap yang respek terhadap opini orang lain, membahas satu teori dari berbagai sudut pandang yang disertai argumen-argumen berbobot tentunya.

Menginterupsi dosen yang sedang menjelaskan adalah hal yang biasa, jika memang memiliki pertanyaan atau tanggapan terhadap apa yang sedang diajarkan. Para dosen akan memahami karakter dan menghargai pandangan-pandangan para mahasiswa di kelasnya dan memberikan bimbingan yang terbaik sesuai dengan ketertarikan mereka masing-masing.

Sistem edukasi ini akan mengajarkan kamu untuk menjadi orang yang disiplin mengerjakan tugas, berpikiran dan berpandangan luas akan satu teori, berani dan bebas berpendapat, toleran dan respek pada orang lain.

Interactive Ways of Learning

Interactive Ways of Learning

Masih banyak sebenarnya fakta-fakta menarik lain mengenai sistem edukasi di Belanda. Termasuk diantaranya adalah kesempatan mendapatkan beasiswa (gratis!) yang diberikan pada calon-calon mahasiswa dari luar Belanda. Dalam beberapa minggu ke depan, kami akan memberikan lagi informasi-informasi  yang berasal dari pengalaman-pengalaman langsung kami selama bersekolah di sana.

Kami berharap hal-hal tersebut dapat membuat kamu makin yakin untuk studi di Belanda. Jangan khawatirkan lagi mengenai kualitasnya, ambil kesempatannya dan nikmati setiap momen dan pengalaman tak terlupakan di Belanda.

Kami yakin pengalaman studi di Belanda akan menginspirasi anda untuk berkarya dan suatu saat menciptakan sejarah baru bagi bangsa Indonesia seperti bapak-bapak kita terdahulu.

So, sekolah di Belanda? Siapa takut!

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.