Menikmati Festival ala Belanda

By August 21, 2014 Blog One Comment

Hoi Sahabat NVO,

Jika di blog yang lalu kami sudah membahas mengenai olahraga dan makanan ala Belanda, maka kami akan melengkapinya dengan membahas beberapa festival dan perayaan khas Belanda. Ya, studi dan hidup di Belanda adalah kesempatan emas untuk kita turut menikmati festival-festival unik di Belanda yang tersebar di berbagai kota Belanda.

Kota-kota di Belanda sangat ‘dekat’, karena kita bisa melintasi ratusan kilometer hanya dengan hitungan tidak lebih dari 5 jam dengan kereta api. Jalur kereta di Belanda sangat memanjakan kita untuk bisa bepergian ke beberapa kota di Belanda dalam waktu 1 hari saja. Sampai sekarang ini, jalur kereta antarkota terlama di Belanda adalah dari kota Groningen di utara Belanda hingga kota Maastricht di Selatan Belanda, hanya dengan 4.5 jam saja, luar biasa bukan?

Mungkin kita sudah sering mendengar satu festival paling fenomenal yang dirayakan setiap tahunnya di seantero Belanda, yaitu Koningsdag (King’s Day). Koningsdag biasanya dirayakan di setiap hari ulang tahun dari Raja atau Ratu (disebut Koninginnedag) yang sedang berkuasa di Belanda, dan mulai tahun 2014, Koningsdag dirayakan setiap tanggal 27 April (Hari ulang tahun Raja Willem Alexander) kecuali jika tanggal tersebut adalah hari minggu. Pada hari itu, semua orang di Belanda menggunakan atribut berwarna oranje dan merayakannya di jalanan, kanal-kanal serta disuguhi oleh konser musik di penjuru kota.

Selain itu, pada hari inilah kita bisa berbelanja di vrijmarkt (pasar bebas) di mana setiap orang diperbolehkan menjual apapun yang mereka miliki tanpa perlu ijin dan tidak dikenakan pajak sama sekali oleh pemerintah. Koningsdag adalah hari yang akan sangat disayangkan jika kita habisi dengan berdiam diri dan belajar di kamar kita, ini adalah saatnya kita mengenakan pakaian berwarna oranje dan berbaur dengan semua orang di Belanda.

Suasana Koningsdag di Kanal Amsterdam

Namun selain Koningsdag, masih ada beberapa festival unik di Belanda yang sayang untuk dilewatkan, mau tahu apa aja, silahkan membaca dan menikmatinya:

1. Appelpop & Fruitcorso. Kita perlu mengunjungi kota Tiel, salah satu kota tua di Belanda yang sudah dibangun dari abad ke-4 terletak di propinsi Gelderland. Tiel dikenal sebagai kota penghasil buah-buahan terbaik dan terbanyak di Belanda. Saking identiknya Tiel dengan buah-buahan maka setiap hari sabtu kedua di Bulan September mereka mengadakan parade bertema buah-buahan yang disebut Fruitcorso. Rakyat Tiel menyiapkan sebuah parade dengan tema yang unik dan menggunakan bahan dari buah-buahan kemudian berkeliling kota, merayakan hasil panen buah-buahan untuk satu daerah Betuwe.

Uniknya Parade Fruitcorso

Pada hari yang sama juga, kota Tiel merayakan perayaan musik pop terbesar se-Belanda selama dua hari non-stop, konser yang dikunjungi oleh lebih dari 100ribu peserta ini dinamakan Appelpop. Jadi kita bisa mengunjungi Tiel setiap weekend kedua di Bulan September untuk menikmati kedua festival ini secara gratis!

Tiel Appelpop

2. Boekenfestijn. Bagi para pemburu dan pecinta buku, mari nikmati hamparan jutaan buku pada Boekenfestijn. Festival buku tahunan ini hanya diselenggarakan di kota-kota tertentu di Belanda dan Belgia. Di Belanda, Boekenfestijn hanya ada di Maastricht, Utrecht, Leuven, Amsterdam, Rotterdam, dan Eindhoven. Berbagai macam buku dapat ditemukan di sini, mulai dari buku-buku travelling, seni, buku-buku ilmiah, sampai berbagai jenis novel dan buku anak-anak. Yang menarik adalah di sini kita bisa menemukan buku-buku berkualitas bagus dengan harga yang super duper murah karena panitia memberikan potongan harga dari 60% sampai 90%. Menggiurkan bukan? Ssstt, festival ini juga menjadi ajang “part time” dari para pelajar Indonesia yang sedang studi di Belanda. Hitung-hitung lumayan untuk menambah uang saku :)

Boekenfestijn

3. Pinkpop Festival. Festival musik tahunan dari Belanda ini merupakan festival musik tahunan tertua di dunia, sudah dimulai dari tahun 1970. Berlokasi di Landgraaf, sebuah kota kecil di pojok Belanda yang hanya berjarak empat kilometer dari perbatasan Jerman (siapa tahu sekalian mau jalan-jalan mampir ke Jerman), festival ini biasanya diadakan pada akhir pekan Pentakosta (Pinksteren, sehingga dinamakan Pinkpop) atau di minggu-minggu awal bulan Juni. Festival yang berlangsung selama 3 hari ini biasanya mengundang lebih dari 40 band atau penyanyi. Nama-nama besar seperti U2, Metallica, Bruce Springsteen, Coldplay, dan Foo Fighter pernah memeriahkan festival di negeri tulip ini. Walau harus merogoh kocek cukup dalam untuk membeli tiketnya, tapi festival musik akbar ini worth every peny!

Konser Musik Pinkpop

Konser Musik Pinkpop

4. International Fireworks Festival. Siapa yang tidak suka dengan pesta kembang api? Mari merapat ke kota ibukota pemerintahan Belanda yaitu Den Haag, tepatnya di Scheveningen, tempat wisata pantai dan resort yang sangat populer di Belanda untuk menyaksikan pesta kembang api yang begitu meriah. Festival yang begitu meriah ini diadakan pada pertengahan bulan Agustus setiap tahunnya, agendanya bisa dicek di website kota Den Haag. Biasanya pertunjukan kembang apinya diadakan dalam beberapa sesi, yang masing-masing sesinya berasal dari negara yang berbeda-beda, ada kembang api dari Inggris dan Jerman, Belanda dan Polandia, sampai Cina dan Spanyol. Hmm, melewatkan malam dengan menonton pertunjukan kembang api di tepi pantai bersama orang tercinta, pasti menjadi momen tidak terlupakan di Belanda ;)

Den Haag Fireworks Festival

5. Sinterklaas Parade. Satu lagi parade yang tidak kalah menarik dari negeri kincir angin ini. Ya, Sinterklaas Parade, sebuah parade yang dirayakan pada saat musim natal tiba, biasanya diadakan setiap hari minggu ketiga di Bulan November. Sinterklaas, beserta sahabat setianya yaitu Zwarte Piet (Pit Hitam), akan melakukan parade ke kota Belanda dengan menggunakan perahu uap dan melanjutkan perjalanan daratnya dengan menggunakan kuda putih. Zwarte Piet di Belanda memiliki citra yang berbeda dengan yang ada di negara kita, jika seringkali kita terbayang zwarte piet adalah sosok yang galak namun pada parade di Belanda ini, zwarte piet tampil dengan penuh kegembiraan, mereka melakukan aksi akrobatik dan membagi-bagikan cemilan seperti coklat, permen dan Kruidnoten (cemilan khas Belanda) Dalam parade ini juga, semua orang sangat bersemangat, terlebih para anak-anak yang tentu saja berharap untuk mendapatkan hadiah dari sang Sinterklaas atau bahkan berjabat tangan dengan sinterklaas saja sudah sesuatu yang spesial.

Sinterklaas dan Zwartepiet

Zwarte Piet Berakrobatik dengan Sepeda

 

Warga Amsterdam Menyambut Sinterklaas & Zwartepiet

6. Carnaval Parade. Di negeri Belanda kita dapat menikmati acara karnaval hampir sepanjang tahun. Salah satu karnaval terbesar di Belanda adalah Maastricht Carnival, yang tentu saja bisa kita temukan di kota Maastricht. Maastricht Carnival diselenggarakan menjelang Paskah setiap bulan April, dimulai sejak hari Jumat hingga Selasa malam (berakhir sebelum Rabu Abu). Jaman sekarang ini Maastricht Carnival sudah tidak ada sangkut pautnya dengan ritual keagamaan, namun sudah menjelma menjadi pesta rakyat yang bisa dinikmati oleh kita semua. Orang-orang akan bersuka cita dan ikut berpartisipasi dengan memakai kostum yang unik, mencolok dan meriah. Mulai dari pakaian ala zaman dulu, bajak laut, nenek sihir, tuan putri kerajaan, sampai orang purba. Jika anda datang kesini, kira-kira akan jadi siapa ya dan siapa yang akan anda temukan?

A colorful Maastricht Carnival

Purple Granny in Maastricht Carnival

Selain dari keenam parade dan festival tersebut, sebenarnya masih banyak sekali festival yang bisa kita nikmati di setiap kota Belanda. Oleh karena itu penting sekali untuk kita berkoneksi dalam pergaulan kita saat studi di Belanda untuk mendapatkan informasi festival–festival sekaligus mengunjunginya bersama-sama agar lebih meriah.

Selamat bermimpi dan berharap untuk pergi ke Belanda dan menikmati meriahnya Festival di Belanda di sela-sela studi di Belanda, karena suatu saat nanti mimpi dan harapan kita pasti akan terwujud.

Veel Plezier!

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.