Mau Sukses Studi di Belanda? Bisa Banget!

By September 21, 2014 Blog No Comments
dsc1100

Hidup kita memang memiliki tantangan yang berbeda-beda, mencapai mimpi bisa Studi di Belanda dan dibantu oleh Beasiswa bukan berarti mimpi kita sudah tercapai seluruhnya. Studi di Belanda adalah pintu gerbang masuk sebuah perjuangan baru menggali ilmu pengetahuan dan prestasi akademis.

Standar penilaian edukasi Belanda yang tinggi dan pola studi yang berbeda dengan kebiasaan kita, menjadi tantangan utama untuk bisa sukses dan menikmati studi di Belanda. Karena itu, kami mau share beberapa tips singkat ala NVO yang bisa membuat kamu sukses studi di Belanda seperti Wicak, Daus, Gerry, Banjar dan Lintang:

1. Jadikan perpustakaan sebagai salah satu tempat “hangout“-mu. Tugas demi tugas sudah pasti akan diberikan oleh dosen dan acap kali kamu memerlukan banyak sekali referensi dari berbagai macam sumber. Di saat internet dan textbook sudah tidak cukup lagi untuk membantu, jangan putus asa! Segeralah cari solusinya dengan “hangout” ke Bibliotheek a.k.a Perpustakaan.

Bibliotheek di setiap Universitas Belanda bisa terbilang sangat-sangat lengkap, kamu bisa dengan mudahnya mencari berbagai buku, makalah dan jurnal internasional tanpa perlu bayar (gratis!). Selain desain arsitekture yang unik dan sedap dipandang mata, Bibliotheek Belanda diperlengkapi dengan banyak kursi atau sofa-sofa yang bisa membuat kamu membaca dengan nyaman bahkan hingga lupa waktu.

Jika haus maka mesin pembuat kopi tersedia di kebanyakan Perpustakaan, jika hendak mencari materi di internet atau mengakses jurnal online tinggal melangkah menuju komputer yang sudah disediakan dalam perpustakaan bagi para mahasiswanya. Bisa dikatakan perpustakaan adalah tempat hangout terbaik yang bisa menolong studi kamu di Belanda.

2. Optimalkan Jurnal Online. Setiap mahasiswa di Universitas Belanda mandapatkan akses khusus untuk membaca dan mengunduh berbagai jurnal internasional secara online. Fasilitas yang diberikan oleh Universitas ini sangat berguna untuk mendukung studi kamu di Belanda.  Jurnal-jurnal internasional yang satu dokumennya berharga puluhan euro, bisa kamu nikmati gratis dengan hanya memiliki akun kampusmu.

Namun, tidak semua kampus biasanya berlangganan jurnal yang sama. Trik kami adalah dengan menanyakan kepada teman lain di kampus berbeda. Jika kamu beruntung, mereka bis amembantu kamu mengunduhkan jurnal tersebut buatmu. Hehehe.

Yang pasti, kamu tidak akan kekurangan materi riset dan teori dengan menelusuri berbagai jurnal terbaik dunia yang tersedia. Jadi luangkan waktu kamu secara regular untuk menggunakan fasilitas jurnal online ini. The more you know then the less you do not know!

3. Singkirkan rasa malu untuk Berinteraksi di kelas. Belanda adalah negara yang open-minded dan sangat toleran. Oleh karena itu mereka menghargai kebebasan berpendapat bahkan mendorong setiap mahasiswa untuk bebas berinteraksi dengan mereka. Musuh utama kamu mungkin saja ada di diri kamu sendiri yaitu rasa sungkan atau malu untuk bertanya dan berpendapat dengan dosen dan mahasiswa lainnya.

Demi mencapai kesuksesan studi di Belanda, harus ada perubahan dalam hal ini. Mau tidak mau kamu perlu untuk memaksakan diri berinteraksi dengan dosen. Singkirkan rasa takut bahwa bertanya membuat kamu terlihat bodoh di hadapan mereka. Jangan tunda untuk bertanya di saat ada pertanyaan, jangan takut salah untuk mengeluarkan pendapat dan beranikan dirimu untuk memulai perdebatan dalam mengkaji suatu teori.

Setelah sekian lama, berinteraksi di kelas akan menjadi sesuatu hal yang biasa. Di saat kamu sudah terbiasa, maka kamu akan sangat menikmati interaksi intelektual di dalam kelas dengan para mahasiswa internasional dan dosen-dosen yang berkualitas tinggi. Ini lah salah satu esensi dari proses edukasi.

4. Berkonsultasilah dengan dosen-dosen. Momen menyusun thesis atau melakukan riset adalah sesuatu yang bisa membuat kamu kehilangan ide, mentok, tidak tahu apa yang harus dilakukan ataupun bagaimana mencari sumber referensi yang tepat.

Dosen-dosen di Universitas adalah partner terbaik untuk bisa berkonsultasi. Mereka akan mencoba memahami setiap kebutuhan dari keadaanmu dan membagikan saran-saran yang sangat membantu. Tidak jarang para dosen akan meminjamkan buku atau jurnal koleksi pribadi mereka agar kamu bisa sukses dalam studimu.

Ingatlah bahwa para dosen adalah temanmu yang sudah lebih dulu menimba ilmu dan berpengalaman dalam bidangnya. Jadikan mereka rekanan untuk membawa kesuksesan dalam studimu. Kamu tidak akan pernah tahu, di masa mendatang, hubungan profesionalisme akan membuat mereka juga membutuhkan kalian.

5. Mengatur prioritas studi dan menyediakan waktu studi regular. Kota-kota Belanda dan Eropa bisa membuatmu terbuai dengan pesona kenyamanan yang ditawarkan. Ditambah lagi dengan teman-teman mahasiswa lokal dan internasional yang tidak jarang mengajakmu untuk hangout ke berbagai tempat hiburan di Belanda.

Pergi ke berbagai kota baru di Belanda, menghabiskan waktu di cafe-cafe, menikmati konser musik jazz gratis, menonton film terbaru di bioskop, dan masih banyak hiburan lainnya yang bisa kita lakukan di Belanda tiap harinya.

Namun ingat bahwa prioritas kamu adalah sukses dalam studimu di Belanda, oleh karena itu penting untuk menyadari hal ini dari awal dan berkomitmen untuk menyediakan waktu secara regular untuk belajar materi kuliah. Setiap materi kuliah di Belanda secara tidak langsung mewajibkan kamu untuk membaca materi terlebih dulu sebelum duduk di kelas dan membahasnya bersama di kelas.

Tanpa kamu meluangkan waktu untuk studi, kemungkinan besar kamu tidak akan bisa berinteraksi maksimal saat di kelas nanti. Begitu juga sebaliknya, dengan persiapan yang mantap maka kamu bisa menjadi mahasiswa terbaik dan berprestasi di kelas nanti, tentukan prioritasmu!

Salah satu dari kami, pernah masuk kelas tanpa membaca bahan, dan ternyata bahasan hari itu adalah tentang politik di Indonesia. Sungguh sangat disayangkan jika ternyata kita tidak bisa menyumbangkan banyak pendapat, karena tidak ada persiapan, di sebuah materi yang seharusnya mudah.

***

Nah, itu hanya sebagian tips yang kami berikan. Di novel Negeri van Oranje (tersedia cetakan terbarunya ya), bersama Gerry, Banjar, Lintang, Wicak dan Daus, kami juga memberikan banyak tips untuk bisa sukses studi di Belanda. Kamu bisa mengikuti perjuangan mereka yang menginspirasi kamu untuk sukses studi di Belanda!

Bibiliotheek di Universitas Utrecht. Bikin betah belajar kan?

N.B: O ya, buat kamu yang mau membeli novel Negeri van Oranje Spesial bertandatangan para penulis, silahkan langsung mention kami di twitter @negerivanoranje ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.