Makna Kemerdekaan Indonesia Bagi NVO

By August 17, 2014 Blog No Comments

Dirgahayu Indonesia!

Tepat 69 tahun sudah Indonesia menjadi negara yang merdeka dan berdaulat. Kemerdekaan Indonesia merupakan kerja keras dari para pahlawan sejak ratusan tahun yang lalu. Namun baru pada tahun 1945, negara kita mencapai kemerdekaannya.

Hal ini tentu tidak terlepas dari peran para pejuang intelektual kita kala itu. Anak-anak muda Indonesia yang mungkin tidak pernah mengangkat senjata untuk melawan penjajah Belanda, namun dengan keberanian dan kecerdasan dan pengetahuan yang mereka miliki, mereka berdiplomasi memperkenalkan nama Indonesia, sebuah negara yang baru merdeka kala itu, pada seluruh dunia. Tidak bisa dipungkiri, pendidikan yang terbaik adalah salah satu kunci penting bagi kemerdekaan Indonesia!

Merayakan hari kemerdekaan Indonesia di tanah air memang selalu jadi momen yang terbaik, namun kamipun tidak melupakan bagaimana kami tetap 17 agustus-an di negeri Belanda. Mungkin para pahlawan yang gugur di medan perang dahulu kala tidak pernah membayangkan bahwa suatu saat nanti, bendera merah putih akan berkibar di tanah Belanda dan Indonesia Raya dikumandangkan dengan lantang.

Namun perjuangan para pahlawan membuat hal itu menjadi nyata. Setiap tanggal 17 Agustus, banyak warga Indonesia dari berbagai kota di Belanda datang ke kantor KBRI Den Haag melakukan upacara bendera. Walaupun jauh dari tanah air, namun hati kami selalu dekat dengan ibu pertiwi dan selalu berdoa serta berharap bagi Indonesia yang lebih baik.

Salah satu makna kemerdekaan bagi kami secara korporat adalah melalui Gerakan NVO. Kami terinspirasi dari para pejuang intelektual yang menggunakan pengetahuan mereka untuk mendapatkan suatu prestasi yang berarti bagi negara kita. Kami percaya bahwa kualitas pendidikan terbaik mampu mengantarkan Indonesia menjadi negara maju dan disegani di kancah internasional karena prestasi-prestasinya. Dengan memberangkatkan anak muda Indonesia ke negeri Belanda untuk mendapatkan pendidikan kualitas terbaik niscaya Gerakan NVO akan berkontribusi untuk Indonesia yang lebih baik.

Kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945 memberikan kesempatan bagi semua warga Indonesia untuk bisa sekolah, bekerja dengan tenang dan damai. Kami memanfaatkan kesempatan itu sebaik-baiknya dan sempat berjuang melalui jalur pendidikan hingga ke negeri Belanda sebelum kami kembali dan berkontribusi di tanah air.

Melalui Gerakan NVO dan dukungan dari semua partner NVO, kami terus mencoba untuk memberikan kesempatan yang sama bagi anak muda yang cinta Indonesia dan berkomitmen untuk meneruskan cita-cita para pahlawan, yaitu negara Indonesia yang cerdas, makmur dan sejahtera bagi seluruh rakyatnya.

Oleh karena itu, kami mau mengundang semua orang yang memiliki visi dan hati yang sama dengan kami untuk bergabung dan mendukung Gerakan NVO. Bersama-sama kita wujudkan mimpi Indonesia Sejahtera!

Salam Merdeka!

“Berpadu negara sumpah nan setia, semati kita runtuh, sehidup jaya”

(Petikan lirik lagu nasional “Teguh Kukuh Berlapis Baja”)

 

Sang Merah Putih di Belanda

Leave a Reply

Your email address will not be published.