Inspirasi Belanda di Piala Dunia 2014

By July 16, 2014 Terbaru No Comments

Gelaran Piala Dunia 2014 baru saja usai dan Belanda berhasil meraih peringkat 3 setelah mengalahkan tuan Rumah Brazil dengan tiga gol tanpa balas. Banyak orang bilang Belanda adalah juara piala dunia tanpa trofi, prestasinya sebagai runner-up atau paling tidak semifinalist di Piala Dunia memang sudah tidak perlu kita ragukan lagi. Namun satu hal yang bisa menjadi inspirasi dari timnas Belanda adalah semangat juang dalam mengejar mimpi mereka untuk menjadi yang terbaik di setiap pertandingan Piala Dunia.

Belanda memang berusaha sangat keras untuk mewujudkan mimpi menjadi kampiun Piala Dunia yang sampai sekarang masih belum bisa tercapai, dari sejak total football dirumuskan pertama kali mereka konsisten dengan gaya permainan menyerang dan bahkan menjadi runner-up di dua gelaran berturut-turut (tahun 1974 dan 1978). Pada tahun 2010 silam, Belanda mencoba berinovasi dengan meninggalkan gaya khas total football dan bermain cenderung lebih defensif dan pragmatis. Alhasil, mereka mencapai final walaupun gagal menjadi juara dunia karena dikalahkan di menit-menit akhir oleh Spanyol.

Mungkin tidak banyak orang yang menduga bahwa Belanda akan melangkah jauh di Piala Dunia 2014 ini, apalagi saat mereka satu grup dengan Spanyol (Sang Juara Dunia dan Eropa) di babak penyisihan grup. Tapi kita semua mengetahui faktanya bahwa 5 Gol Belanda atas Spanyol menjadi sebuah momen pembalasan dendam yang sangat manis, semua orang di Belanda (dan para supporter Belanda di seluruh dunia) tersenyum dan bersorak-sorai sampai 5 kali, kemudian banyak warga Belanda yang berpesta setelahnya (tradisi euforia kemenangan di negeri Belanda).

Cerita perjalanan Belanda dilanjutkan dengan berbalas skor melawan Australia, menjadi juara grup setelah mengalahkan Chili, menang dramatis di menit-menit akhir melawan Meksiko. Kemudian semua media menceritakan kepahlawanan Tim Krul saat menggagalkan 2 penalti Kosta Rika yg mengantarkan Belanda menuju Semifinal. Bermain imbang 120 menit dengan Argentina dan akhirnya gagal menembus final arena kekalahan di drama adu pinalti. Kemudian bangkit dan membuktikan konsistensi permainan menyerang Belanda dengan mengalahkan Brasil 3-0! Mencatatkan rekor (bersama dengan Jerman) tidak pernah terkalahkan semenjak kualifikasi Piala Dunia dalam waktu normal. Sebuah prestasi yang diraih dengan kerja keras dan mental yang tidak pernah menyerah telah ditunjukkan oleh pemain dan ofisial timnas Belanda dan hal ini menginspirasi kami bahwa kerja keras dan pantang menyerah akan selalu berbuah manis bagi setiap insan yang melakukannya.

Kami jadi teringat pengalaman kami saat mencari-cari kesempatan dan beasiswa untuk studi di Belanda,  dimulai dari mimpi dan keyakinan bahwa kami bisa mendapatkan kualitas pendidikan di Universitas-Universitas terbaik di dunia. Hingga akhirnya pada suatu hari kami kesempatan itu datang dan kami berhasil meraihnya. Meninggalkan tanah air Indonesia untuk studi di Belanda, awal-awalnya tentu tidak mudah karena banyak sekali hal baru yang harus kami pelajari dan kebiasaan hidup yang harus kami ubah agar bisa berdapatasi dan mengikuti kualitas studi di Belanda.

Semua suka-duka hidup dan belajar di Belanda akhirnya kami rangkum dalam novel Negeri van Oranje disertai dengan langkah-langkah praktis yang bisa membantu kita mengenal kehidupan di Belanda sebagai mahasiswa. Kami menulis Negeri van Oranje agar setiap orang yang punya mimpi dan keyakinan yang sama dengan kami bisa mengetahui bahwa studi di Belanda itu memang tidak mudah, tapi jika kita mau bekerja keras dan berusaha untuk berhasil, maka semuanya menjadi mungkin dan mimpi itu lambat laun akan menjadi nyata saat kita memulai mengambil langkah praktis dan konsisten menjalaninya.

Kami berharap semua anak-anak muda yang memiliki mimpi untuk suatu saat bisa studi di Belanda, mengambil sikap pantang menyerah dalam bermimpi dan bekerja keras untuk mewujudkannya, mengambil inspirasi dari novel Negeri van Oranje dan juga perjalanan timnas Belanda mengejar mimpinya. Melalui Gerakan NVO, kami dan partner kami (NESO Indonesia) berkomitmen untuk tidak menyerah dalam membantu mewujudkan mimpi anda untuk bisa studi di Belanda demi Indonesia yang lebih baik.

Semoga nanti anda yang bisa menyaksikan dan menyambut timnas Belanda sebagai juara dunia secara langsung di Dam Square Amsterdam. Veel Geluk!

Gefeliciteerd Jongens! (Image Courtesy of fifa.com)

Gefeliciteerd Jongens! (Image Courtesy of FIFA.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published.