CUAP-CUAPNYA BOOKAHOLIC SURABAYA

By May 31, 2009 Blog No Comments

Teman-teman bookaholic di Surabaya punya pendapat soal buku Negeri van Oranje ini. Menarik banget dan bikin kita ngucapin banyak terima kasih buat apresiasi yang mereka sampaikan. Semoga impian-impian kalian tercapai ya. Tetap semangat!

*

Jadi Inspirasi Studi

Membaca buku ini hampir-hampir seperti baca ensiklopedia negeri Belanda. Nggak hanya dapat cerita, kita juga dapat berbagai informasi tentang Belanda. Mulai informasi berbagai tempat di sana, sejarah Belanda, sampaihow to speak and live in Dutch, ada semua! Wow, bagi yang berkeinginan untuk studi di Belanda, tapi nggak tahu gimana caranya beradaptasi di sana, baca aja buku ini! Serasa mendapatkan buku panduan gratis. Aku jadi berkesimpulan kalau hidup di negeri orang nggak terlalu sulit kok, asalkan kita mau menyesuaikan. Begitu selesai membaca bagian terakhir, aku langsung menyatakan keinginan melanjutkan studi keluar negeri. Siapa tahu nanti ceritaku bisa menginspirasi orang. Terutama, pengalamanku pas di luar negeri, ha ha ha…

Ichsania Saputri, SMAN 2

Buku Favorit: Waktu Aku Sama Mika (Indi)

Ratting: 4

Dekat Dengan Keseharian

Yang menurutku bagus dari novel ini adalah gaya penulisannya yang mendetail banget. Tiap karakter ditampilkan dengan porsi yang sebanding, nggak berat sebelah. Pembaca jadi nggak bisa memisahkan antara karakter yang satu dengan yang lain. Sebab, semua saling diikatkan dengan benang merah persahabatan yang nggak terpisahkan. Karena itu, jalan cerita novel ini jadi kuat banget. Selain itu, cerita dalam novel tersebut terasa sangat nyata, dekat banget sama lingkunganku, mahasiswa. Cuma setting tempatnya aja yang agak berbeda, ha ha ha… Karena itu, aku bisa lebih menghayati apa yang dirasakan para tokoh utamanya. Bagian favoritku adalah saat acara wisuda dan kelulusan. Soalnya, aku jadi ikutan membayangkan seandainya aku berada dalam situasi kelulusan itu, he he he…

Rizal Adikara, UPN

Buku Favorit: Musashi Eiji Yoshikawa

Ratting: 4

Tema Terlalu Klise

Menurutku, buku ini cukup menarik. Novel Negeri van Oranje ngasih banyak informasi tentang negeri orang. Termasuk, budaya dan bahasa di Belanda yang pastinya beda dengan di sini. Hmm, habis baca buku ini langsung manggut-manggut. Lumayan dapat ilmu gratis sambil didongengi. He he he… Yang aku sayangkan dari novel ini adalah ceritanya yang klise. Lagi-lagi tentang percintaan. Sahabat yang akhirnya jatuh cinta sama sahabatnya sendiri. Aduh, tema kaya gitu kan udah banyak banget diangkat. Jadi kurang terasa geregetnya. Sebelum baca pertengahan bab, aku udah tahu ending-nya bakal gimana. Nggak terlalu beda jauh sama novel-novel remaja kebanyakan. Tapi, secara keseluruhan buku ini cukup menghibur dengan tingkah konyol dan kocak dari kelima sahabat di negeri orang ini. Bikin yang membaca nggak bisa berhenti menyunggingkan senyum.

Eritza Mercier, Unair

Buku Favorit: Edensor Andrea Hirata

Ratting: 3

Ajang Promosi Negeri

Buku satu ini memang keren. Seharusnya, Indonesia juga bikin buku seperti ini. Dengan latar belakang Indonesia dan menceritakan seluk beluk Indonesia dengan tempat yang eksotis. Ini bisa sekaligus dijadikan ajang promosi Visit Indonesia. Soalnya, aku jadi pengin mengunjungi Belanda setelah membaca buku ini. Gara-garanya, si penulis menggambarkan Belanda dengan sangat mendetail dan indah banget. Yakin deh, pembaca novel ini pasti punya keinginan yang sama denganku setelah selesai baca novel ini. Jadi bisa sekalian dijadikan ajang promosi buat turis kan, ha ha ha…. Dari segi cerita, tema yang diangkat sebenarnya nggak terlalu spesial. Tapi, gaya penulisan dan setting tempat yang indah jadi daya tarik utama novel ini. Meskipun nggak terlalu suka dengan novel cinta, aku tetap suka dengan novel ini karena ceritanya yang terasa lebih dekat dengan kehidupan.

Diar Rizki Sulthoni, ITS

Buku Favorit: Traveler’s Tale: Belok Kanan Barcelona

Ratting: 4

Cerita Bikin Penasaran

Overall, cerita dalam novel ini menyenangkan untuk diikuti. Bikin penasaran. Apalagi buat orang-orang yang belum pernah punya pengalaman pergi keluar negeri. Pasti banyak hal yang bikin kita bertanya-tanya. Seperti ketika membayangkan betapa senangnya bertemu sesama orang Indonesia ketika berada di negeri orang. Wah, jadi membayangkan gimana rasanya kalau aku sendiri yang mengalami. Menurutku, buku ini sangat kaya warna karena ditulis oleh beberapa penulis. Tiap penulis jadi bisa mencurahkan cerita masing-masing dengan penuh penghayatan. Yang membaca juga ikutan merasakan emosinya. Beberapa bagian jalan cerita dalam novel ini juga nggak ketebak. Misalnya, saat Geri menyatakan dirinya gay atau yang akhirnya Wicak dan Lintang menikah. Wow, benar-benar nggak ketebak.

Tita Wisata, SMAN 4

Buku Favorit: Negeri van Oranje

Ratting: 4

Source: Jawa Pos

Leave a Reply

Your email address will not be published.