Book Signing Negeri van Oranje

By July 20, 2014 Blog No Comments

Pada bulan Juli ini, NESO Indonesia menggelar Pre-Departure Briefing di Erasmus Huis Jakarta bagi anak-anak muda Indonesia yang akan studi di Belanda pada tahun 2014. Acara Pre-Departure Briefing NESO Indonesia memang digelar secara rutin tiap tahunnya untuk memberikan pengarahan kepada para calon mahasiswa mengenai hal apa saja yang berbeda dan perlu diperhatikan secara umum saat mereka tiba di Belanda untuk pertama kalinya sehingga tidak perlu mengalami culture shock yang berlebihan.

NVO juga tidak mau ketinggalan untuk terlibat dan memberikan kontribusi di acara ini. Kami bahkan diberikan satu tempat khusus tepat di pintu masuk Auditorium Erasmus Huis untuk melakukan Book Signing Novel Negeri van Oranje. Neso Indonesia memang membagikan Negeri van Oranje kepada setiap calon mahasiswa yang mengikuti Pre-Departure Briefing, novel kami memang memberikan gambaran yang cukup detil mengenai kehidupan mahasiswa dan tips-tips praktis saat studi dan tinggal di Belanda.

Acara Book Signing berjalan dengan tertib dan menyenangkan untuk kami semua, seluruh penulis bisa hadir dan satu per satu menandatangani ratusan buku dengan senyuman dan harapan. Sembari menandatangani buku, ada banyak calon mahasiswa yang bertanya singkat mengenai bagaimana kehidupan di kota-kota di Belanda, dari setiap pertanyaan mereka kami bisa merasakan antusiasme mereka untuk mendapatkan petualangan hidup baru di Belanda nanti.

Pengalaman kami bertahun-tahun studi dan tinggal di Belanda membuat kami semakin mantap untuk menginspirasi dan menguatkan mereka untuk tidak perlu takut atau kuatir, melainkan menikmati setiap aspek kehidupan studi di Belanda.

Pengalaman studi di Universitas Belanda memang telah tidak mudah namun bukan berarti tidak bisa nyaman. Tidak mudah karena ada banyak tugas-tugas yang lebih dari menjawab pertanyaan saja, tetapi kita perlu menggabungkan berbagai teori dan fakta-fakta ataupun jurnal-jurnal ilmiah yang nantinya akan didiskusikan oleh mahasiswa lain dari belahan dunia lain.

Namun nyaman karena kita akan dimanjakan oleh fasilitas dan lingkungan kampus yang mendukung untuk proses pembelajaran. Sudah rahasia umum bahwa Belanda dan negara Eropa lainnya memiliki perpustakaan maupun e-catalogue yang cukup lengkap baik sehingga mahasiswa dengan mudah dapat mengakses dan mengumpulkan informasi yang mereka perlukan.

Jika kita sudah penat dengan jurnal-jurnal ilmiah di perpustakaan, kita bisa refreshing bersepedaan mengitari kota Belanda sembari menghirup udara segar atau nongkrong di taman atau mengunjungi cafe di tepi kanal ditemani oleh secangkir kopi dan sepotong stroopwafel atau biskuit coklat.

Saat sesi diskusi alumni dan calon mahasiswa baru tersebut dimulai, kami menceritakan banyak pengalaman suka-duka dan perjuangan kami saat studi di Belanda. Hati kami merasa sangat bersyukur dan bahagia karena pengalaman kami bisa membuat para calon mahasiswa ini lebih termotivasi untuk mengejar ilmu yang lebih tinggi di Belanda nanti.

Satu hal yang masih menjadi impian dan mimpi kami, untuk memberangkatkan lebih banyak anak-anak muda Indonesia untuk bisa studi di Belanda melalui Beasiswa NVO. Oleh karena itu kami mau mengajak anda semua untuk menjadi sahabat NVO dan terus mengikuti Gerakan NVO.

Met warme Groetjes,

NVO

 Book Signing NVO

Book Signing NVO

Leave a Reply

Your email address will not be published.