winners

Pemenang Holland Writing Competition 2015! Kamukah itu?

By | Terbaru | No Comments

Hari ini, para pemenang Holland Writing Competition 2015 diumumkan di Jakarta. Dua pemenang yang beruntung membuat impian mereka menjadi kenyataan dengan menghadiri Summer School di dua universitas kelas dunia di Belanda : Utrecht University dan VU University Amsterdam.

Holland Writing Competition diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia bekerja sama dengan Negeri van Oranje. Tema untuk tahun 2015 ini adalah Inovasi Belanda dan peserta ditantang untuk menggunakan topik dari 4 sudut pandang yang terinspirasi dari 4 elemen berikut: air, api, udara dan tanah. Mervin Bakker, Direktur Nuffic Neso Indonesia mengatakan: “ Sangat menyenangkan untuk melihat bagaimana tema Holland Writing Competition 2015 telah mendorong para peserta untuk menulis tentang Belanda dengan cara yang inspiratif dan bagaimana mereka menggambarkan Belanda sebagai pelopor yang terus-menerus menghasilkan ide-ide yang segar, kreatif dan inovatif”

Holland Writing Competition 2015 berlangsung dari 20 Maret – 27 April 2015 dan mengumpulkan 765 artikel. Pada akhirnya 40 artikel berhasil melewati seleksi akhir. Juri yang terdiri dari para penulis buku Negeri van Oranje (NvO) dan staf dari Nuffic Neso Indonesia. Artikel-artikel yang lolos menjadi 40 finalis kemudian dinilai berdasarkan kesesuaian penulisan dengan tema, orisinalitas dan kreativitas. Salah satu juri dan penulis NvO, Annisa Rijadi, alumni Leiden University, berkomentar: “Yang jelas kami berempat sangat bangga para peserta mampu menghasilkan karya tulisan inovatif, informatif, dan menghibur! Semoga ilmu baru yang akan didapatkan kedua pemenang yang akan berangkat summer school di Belanda akan memberikan kontribusi nyata bagi persahabatan Indonesia dan Belanda, sekaligus bagi kemajuan bangsa ini”

Selengkapnya
hwc2015

40 FINALIS HOLLAND WRITING COMPETITION 2015

By | Blog | No Comments

Setelah bergelas-gelas kopi, berpiring-piring nasi padang, dan sleepless nights, akhirnya kami, para #jurimabok, memilih 40 tulisan yang terbaik. Masing-masing memilih 10 tulisan dengan parameter penilaian yang sudah disepakati. Yang pasti, memutuskan siapa yang pantas untuk masuk penilaian tahap kedua ini sangat tidak mudah.

Sebanyak 765 (!) tulisan masuk ke inbox kami, dan hampir semuanya bagus-bagus. Tak jarang, beberapa tulisan memiliki materi yang mirip, namun dengan gaya penulisan yang sangat berbeda. Kami pun harus berhati-hati memilih tulisan yang lebih baik dibandingkan dengan yang lain.

Selengkapnya
HWC2015 banner-02

Holland Writing Competition 2015 – Ayo Ikutan!!

By | Blog | No Comments

Setelah tertunda selama hampir 2 tahun, kompetisi menulis berhadiah ke Belanda ini pun kembali digelar. NESO (Netherlands Education Support Office) memiliki sejarah yang cukup panjang dengan kegiatan lomba tulis menulis. Terhitung sejak tahun 2009, mereka secara konsisten mengadakan lomba menulis blog dengan hadiah paling spektakuler di Indonesia, yaitu Summer Course di Utrecht Summer School, Belanda.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, lomba menulis tahun ini disebut Holland Writing Competition 2015. NESO tidak lagi menggunakan kata blog, sehingga setiap orang, baik yang memiliki ataupun tidak memiliki blog, dapat mengikuti kompetisi ini.

Selengkapnya
Ind.Ver

Jejak Perjuangan Kemerdekaan Indonesia di Belanda

By | Blog | No Comments

Belanda adalah pusat dan kiblat pendidikan bagi banyak tokoh penting perjuangan kemerdekaan Indonesia. Belanda bahkan menjadi tempat berkumpulnya para mahasiswa Hindia Belanda untuk bersatu dan menyebarkan paham antikolonialisme di negeri Belanda itu sendiri.

Sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia di Belanda tidak terlepas dari perkumpulan yang bernama Indische Veereniging alias Perhimpoenan Indonesia (PI). Dibentuk pada tahun 1908, PI awalnya dibentuk sebagai wadah ngumpulnya para siswa-siswa Hindia Belanda, wadah untuk bersosialisasi dan mengadakan berbagai acara yang menyenangkan selama studi di Belanda, jauh dari kegiatan politik ataupun perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Selengkapnya
dsc1100

Mau Sukses Studi di Belanda? Bisa Banget!

By | Blog | No Comments

Hidup kita memang memiliki tantangan yang berbeda-beda, mencapai mimpi bisa Studi di Belanda dan dibantu oleh Beasiswa bukan berarti mimpi kita sudah tercapai seluruhnya. Studi di Belanda adalah pintu gerbang masuk ke dalam perjuangan baru untuk menggali ilmu pengetahuan diiringi dengan prestasi secara akademis.

Standar penilaian edukasi Belanda yang tinggi dan pola studi yang berbeda dengan kebiasaan kita bisa menjadi tantangan utama kita untuk bisa sukses dan menikmati studi di Belanda. Oleh karena itu, kami mau share nih beberapa tips singkat ala NVO yang bisa membuat kamu sukses studi di Belanda seperti Wicak, Daus, Gerry, Banjar dan Lintang

Selengkapnya